Devi Vernanda Content writer di pengantinbaru.net. Tertarik dengan hal-hal seputar pernikahan dan parenting. Loves sleeping, eating, and writing....

Susunan Acara Pernikahan

8 min read

Pembawa Acara Pernikahan

Sudahkah kamu membuat susunan acara pernikahan dengan baik untuk ❤ pernikahanmu nanti ? Kalau belum, √ yuk simak ulasan ini.


Susunan Acara Pernikahan ( Resepsi & Akad )

Tak perlu dipertanyakan lagi, pernikahan adalah sebuah momen spesial dan sangat mendebarkan bagi setiap pasangan.

Sejak persiapan hingga akhirnya tiba hari H pernikahan, penentuan tanggal dan lokasi, sesi foto prewedding, pemilihan salon, sampai susunan acara pernikahan, semuanya pasti dilakukan dengan cermat dan matang.

Tujuannya tak lain adalah agar segalanya berjalan dengan mulus sehingga kesalahan yang bisa terjadi dapat diminimalisir dan tidak mengganggu berlangsungnya acara.

Banyak pasangan yang memilih untuk menggunakan jasa WO ( wedding organizer ) dalam membantu mempersiapkan hari pernikahan.

Akan tetapi, sampai sekarang pun masih banyak pasangan yang lebih memilih untuk mempersiapkan pernikahan sendiri bersama keluarga.

Pastinya, hal ini tidak salah karena masing-masing orang punya preferensi yang berbeda-beda.

Susunan Acara Pernikahan
Sumber : id.scribd.com

Apakah Anda termasuk kategori pada calon pasangan pengantin yang lebih memilih untuk mempersiapkan acara pernikahan sendiri tanpa jasa WO?

Kalau iya, berikut ini adalah informasi penting tentang susunan acara pernikahan yang bisa Anda jadikan acuan dalam mempersiapkan susunan acara Anda sendiri nantinya, mulai dari akad atau pemberkatan sampai resepsi.

Tanpa ditunda-tunda lagi, yuk baca ulasannya berikut ini!

Susunan Acara Pernikahan Islam

Dalam pernikahan Islam, semuanya harus diawali dengan akad terlebih dahulu untuk menikahkan pasangan secara agama.

Bahkan, tak jarang para pasangan pengantin muslim memilih untuk menyelenggarakan akad yang disaksikan oleh para tamu dan melanjutkannya dengan syukuran sederhana, bukannya acara resepsi besar yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Yang manapun pilihan Anda dan pasangan, pastinya prosesi akad tidak boleh terlewatkan. Jadi, berikut ini adalah susunan acara akad untuk pernikahan Islam.

Susunan Acara Akad

1. Pembukaan

Pembawa Acara Pernikahan
Sumber : https://www.instagram.com/bagas_mc_wedding/

Prosesi akad akan dimulai terlebih dahulu dengan pembukaan yang dipandu oleh MC atau pembawa acara. Untuk proses pembukaan, sekadar membaca kalimat basmallah yang dilanjutkan dengan doa untuk kelancaran serta keberkahan acara saja sudah cukup.

2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran
Sumber : mohlimo.com

Sesi yang satu ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang memang ahli melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan suara yang merdu dan indah, baik itu keluarga sendiri atau orang luar.

Ayat yang dibacakan juga berbeda-beda, meskipun banyak yang memilih ayat yang berkaitan tentang pernikahan atau keluarga.

3. Sambutan-sambutan

Sambutan Pernikahan
Sumber : klikharry.com

Untuk susunan acara sambutan, ada dua kali sambutan yang dilaksanakan, yaitu :

  • Sambutan Perwakilan

Acara sambutan yang pertama dilakukan oleh perwakilan dari keluarga calon pria, ditujukan kepada calon mempelai wanita. Dan,

  • Sambutan Balasan

Sambutan balasan ini merupakan balasan atau jawaban dari sambutan pertama tadi.

Sambutan kali ini dari perwakilan keluarga mempelai wanita yang menyampaikannya kepada perwakilan mempelai pria.

4. Khutbah nikah

Khutbah Nikah
Sumber : imgurk.com

Khutbah nikah biasanya akan disampaikan oleh petugas KUA yang bertugas untuk menjadi penghulu atau petugas yang bertanggung jawab menikahkan pasangan mempelai sebagai pengganti wali maupun pihak keluarga, dan mencatatkan pernikahan tersebut di dalam catatan milik pemerintah.

Khutbah ini ditujukan terutama untuk kedua calon pengantin sebagai pembekalan, serta pengingat soal pentingnya menjaga keutuhan hubungan di dalam pernikahan.

Isi khutbah nikah biasanya bertemakan pernikahan dan keluarga secara umum, yang juga bisa ditujukan kepada para tamu yang hadir untuk menyaksikan momen ini.

5. Ijab kabul

Ijab Kabul ( Susunan Acara Pernikahan )
Prosesi Ijab Qabul

Dalam prosesi akad, inilah acara inti alias acara puncaknya.

Di sini, selain kedua calon pasangan suami-istri, ada juga wali dari pengantin perempuan, penghulu, dan dua orang saksi.

Wali sendiri yang utama adalah ayah – jika ayah sudah meninggal, bisa digantikan oleh kakek dari pihak ayah, saudara laki-laki kandung, paman dari pihak ayah, sepupu laki-laki dari pihak ayah, atau saudara laki-laki tiri seayah.

Setelah proses ijab kabul selesai, pada dasarnya kedua mempelai sudah sah menjadi suami dan istri.

6. Doa nikah

Doa Nikah ( Susunan Acara Pernikahan )
Sumber : instagram.com

Begitu proses akad berjalan dengan lancar dan dianggap sah menurut ketentuan agama, doa nikah lantas akan dilantunkan.

Tujuannya adalah untuk mendoakan agar kedua pasangan suami-istri dapat membangun pernikahan dan keluarga yang baik.

Proses ini bisa dilakukan oleh penghulu, pemuka agama yang diunduh, atau anggota keluarga sendiri.

7. Tanda tangan buku nikah

Buku Nikah ( Susunan Acara Pernikahan )
Sumber : pinterest.com

Karena kedua pasangan pengantin sudah sah menjadi suami-istri, keduanya pun diwajibkan untuk menandatangani dokumen pernikahan, termasuk buku nikah.

Proses ini dilakukan untuk menyatakan bahwa pernikahan keduanya telah sah di mata negara, atau secara hukum.

8. Seserahan ( serah-terima mahar )

Seserahan ( Susunan Acara Pernikahan )
Sumber : instazu.com

Di sini, pengantin laki-laki akan menyerahkan mas kawin alias mahar kepada pengantin wanita, seperti yang sudah ia sebutkan di dalam proses ijab kabul sebelumnya.

Wujud dan jumlah mahar ini bervariasi. Ada yang dalam bentuk uang, seperangkat alat sholat, atau barang-barang tertentu. Penyerahan mahar sendiri biasanya dilakukan secara simbolis.

9. Tukar cincin

Tukar Cincin ( Susunan Acara Pernikahan )
Sumber : https://www.instagram.com/witriseptianingrum/

Setelah ijab kabul dan serah-terima mahar, kedua pasangan suami-istri akan memasangkan cincin kawin kepada pasangannya.

Cincin dikenakan pada jari manis tangan kiri, dan biasanya momen ini akan diabadikan dalam jepretan foto.

10 . Nasihat pernikahan (hak dan kewajiban suami dan istri)

Pasangan baru tersebut kemudian akan diberi wejangan alias nasihat pernikahan, yang biasanya bertemakan hak dan kewajiban suami dan istri.

11 . Penutup

Acara penutup biasanya hanya berisi doa untuk mengakhiri acara, yang kemudian diikuti dengan salam.

Susunan Acara Pernikahan Kristen

Susunan Acara Pernikahan Kristen
Sumber : wnycatholic.org

Sedangkan untuk Anda yang memeluk agama Kristen, susunan acara pernikahan yang dibuat tentunya akan berbeda.

Hal ini dikarenakan adanya perbedaan syarat nikah secara agama yang wajib dipenuhi, bahkan sejak persiapan pra-nikah sendiri. Berikut ini penjelasannya.

Prosesi Pernikahan Kristen

1. Persiapan pra-nikah: bimbingan di gereja dan doa bersama

Susunan Acara Pernikahan Kristen Katolik
Sumber : hipwee.com

Bimbingan pra-nikah yang dilakukan di gereja bagi para calon pasangan pengantin juga biasa disebut dengan katekisasi pra-nikah.

Sifatnya adalah wajib sebagai bekal dan persiapan untuk hidup berumah tangga di masa depan bersama pasangan.

Materi yang diberikan pun beragam, seperti manajemen waktu dan keuangan, komunikasi, kesehatan, serta sharing dengan keluarga kedua calon mempelai.

Kemudian, ada juga acara doa bersama yang dilaksanakan pada malam hari sebelum acara pernikahan berlangsung. Acara keagamaan ini biasanya dilakukan oleh keluarga calon pengantin perempuan dan biasa disebut juga dengan nama bidston.

Acara yang berlangsung nyaris serupa dengan ibadah di gereja, seperti pelantunan pujian, pembacaan ayat Alkitab, khutbah pendeta, dan doa. Kedua calon pengantin pun hadir dalam acara ini.

2. Upacara pemberkatan

Upacara Pemberkatan
Sumber : hipwee.com

Tibalah hari H pernikahan, yang dimulai dengan upacara pemberkatan yang berlangsung di gereja. Acara ini juga dihadiri keluarga pasangan calon pengantin dan jemaat gereja.

Susunan acara pemberkatan sendiri biasanya diawali dengan pembukaan singkat, pelantunan pujian bersama-sama, pemberitaan firman Tuhan, dan kemudian dilanjutkan dengan upacara peneguhan nikah dengan pendeta sebagai pemimpinnya.

3. Janji nikah

Janji Pernikahan Kristen
Sumber : hipwee.com

Proses ini masih merupakan bagian dari upacara pemberkatan yang dilangsungkan setelah menjawab pertanyaan peneguhan yang diberikan oleh pendeta.

Kedua mempelai lantas akan berdiri saling berhadap-hadapan untuk mengucapkan janji nikah mereka.

Di dalam agama, masing-masing mempelai diharuskan untuk mengucapkan janji yang disebut janji nikah. Janji nikah adalah pernyataan yang menunjukkan kesanggupan masing-masing mempelai untuk menjadi suami atau istri yang dilakukan dengan resmi.

Meskipun penyampaian janji dilakukan secara simbolis, isinya haruslah dibuat berdasarkan keinginan kedua mempelai dan dipertanggungjawabkan sepanjang hidup.

4. Tukar cincin

Tukar Cincin Pernikahan
Sumber : craftybroads.com

Proses tukar cincin langsung dilakukan begitu janji nikah diucapkan di depan pendeta, pasangan, keluarga, dan jemaat gereja.

Seperti prosesi tukar cincin pada umumnya, mempelai wanita akan memasangnya di jari mempelai pria, dan sebaliknya. Pemasangan cincin pun disematkan pada jari manis tangan kiri.

Setelah itu, pendeta akan melakukan pemberkatan di hadapan keluarga dan jemaat untuk secara resmi mengesahkan mempelai sebagai suami dan istri.

Setelah ini, biasanya acara dilanjutkan dengan sungkeman sebagai ucapan terima kasih mempelai kepada orang tua, sebelum akhirnya ditutup dengan pelantunan doa berkat serta nyanyian penutup.

Setelah pelaksanaan akad maupun pemberkatan pernikahan, mempelai dan keluarga biasanya akan langsung bersiap-siap untuk acara resepsi pernikahan, apabila memang diselenggarakan.

Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Kapan acara resepsi diselenggarakan pada dasarnya bergantung pada keputusan masing-masing mempelai dan pihak keluarga.

Di Indonesia sendiri, biasanya resepsi berlangsung pada hari yang sama dengan hari akad atau pemberkatan, baik itu langsung setelahnya, atau di malam harinya.

Pelaksanaan acara resepsi yang diselenggarakan pun berbeda-beda. Ada yang mengadakan pesta resepsi di gedung, memilih mengadakannya di rumah, atau bahkan memilih resepsi yang lebih privat dengan jumlah tamu yang terbatas, alias hanya mengundang kerabat atau teman dekat saja.

Lama waktu penyelenggaraan resepsi juga bervariasi. Meski begitu, resepsi nikah umumnya diselenggarakan selama 2 sampai 3 jam, terutama jika tamu yang diundang banyak.

Dalam hal ini, biasanya penyelenggaraan resepsi dibagi ke dalam dua sesi, dengan masing-masing sesi berlangsung selama 1 sampai 1,5 jam.

Misalnya, resepsi diselenggarakan jam 10 sampai jam 1 siang, dan dibagi ke dalam dua sesi, yaitu dari jam 10 sampai setengah 12, dan jam setengah 12 sampai jam 1.

Dengan begitu, undangan yang dicetak pun biasanya dibuat dalam dua versi agar tamu tidak bingung.

Alternatifnya, kedua sesi tetap tercetak dalam undangan, tapi nantinya salah satu sesi harus dicoret secara manual, yang terasa lebih merepotkan.

Sementara itu, susunan acara pernikahan untuk resepsi yang dilangsungkan biasanya adalah sebagai berikut.

1. Pembukaan

Acara Pembukaan ( Susunan Acara Pernikahan )
Sumber : https://www.instagram.com/rizky_megantara/

Seperti acara pada umumnya, resepsi pernikahan pun diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh MC atau pembawa acara.

Sebagai bagian dari sesi pembukaan, ucapan syukur dan terima kasih atas kelancaran acara akad yang sudah berlangsung sebelumnya, serta doa singkat untuk kelancaran resepsi pun biasanya mengikuti.

2. Menyambut kedua mempelai yang naik ke pelaminan

Setelah acara pembukaan, kedua pengantin akan dipersilahkan untuk memasuki lokasi tempat berlangsungnya acara resepsi, baik itu di gedung maupun di rumah.

Keduanya lantas akan naik ke pelaminan dan duduk bersebelahan, dengan kedua orang tua (atau wali) mendampingi di sisi kanan dan kiri pengantin.

3. Memberikan ucapan kepada kedua mempelai

Para tamu yang sudah hadir lantas akan dipersilahkan untuk menyalami dan memberikan selamat kepada kedua mempelai dan orang tua mereka di atas pelaminan.

Untuk tamu yang baru hadir belakangan, baik karena terlambat atau hadir di sesi kedua resepsi, mereka akan langsung dipersilahkan untuk menyalami kedua mempelai begitu hadir.

Karena inilah biasanya layout ruang gedung yang digunakan untuk resepsi diatur sedemikian rupa agar tamu bisa langsung menuju pelaminan untuk menyalami pengantin sebelum menikmati acara resepsi.

4. Sajian hidangan untuk para tamu

Sajian Hidangan Untuk Tamu Undangan Pernikahan
Sumber : istanacatering.com

Para tamu yang sudah menyalami kedua pengantin dan orang tua mereka lantas dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan.

Biasanya, musik sudah terdengar dari pengeras suara sejak dimulainya resepsi untuk menemani para tamu menikmati suasana.

Kemudian, seringnya acara resepsi juga diramaikan oleh penampilan musik secara live dari band atau organ tunggal yang sudah disewa.

Meskipun sajian makanan secara prasmanan atau buffet saat ini sudah semakin populer, masih banyak masyarakat Indonesia yang memilih untuk menghidangkan makanan secara bertahap dari appetizer (makanan pembuka) sampai dessert (makanan penutup) satu per satu.

Tradisi ini umum ditemukan di Jawa dan sering disebut dengan istilah “piring terbang” karena para tamu akan mengoper piring satu per satu kepada tamu yang ada di sampingnya.

5. Hiburan

Hiburan ( Susunan Acara Pernikahan )
Sumber : instagram.com

Selain hiburan musik, biasanya ada acara resepsi yang menyediakan waktu bagi para tamu untuk menyumbangkan bakat mereka, seperti menyanyi yang diiringi oleh musik dari band atau organ tunggal.

Di samping itu, dari pihak keluarga sendiri bisa jadi juga sudah mempersiapkan hiburan khusus, seperti penampilan seni tari, sebagai bagian dari hiburan untuk para tamu yang sudah hadir ke dalam acara resepsi.

6. Foto bersama kedua mempelai

Foto bersama kedua mempelai
Sumber : fakhrianindita.com

Sekitar 1 jam sebelum acara resepsi dijadwalkan berakhir, sesi foto bersama kedua mempelai akan dimulai.

Untuk sesi ini, orang tua dan pihak keluarga lah yang akan didahulukan untuk melakukan foto bersama, sesuai dengan arahan yang sudah disampaikan oleh pembawa acara – biasanya dengan memanggil nama.

Jika ada petugas yang mengawasi buku tamu – biasanya saudara yang masih muda atau tetangga –mereka juga akan dipanggil untuk foto bersama kedua mempelai.

Baru setelah itu para tamu diperbolehkan untuk berfoto bersama kedua mempelai di atas panggung pelaminan.

Trennya saat ini adalah setelah sesi foto berakhir, atau sudah akan berakhir,kedua mempelai akan melemparkan buket bunga yang dipegang oleh pengantin wanita.

Sesi ini nampaknya mengadopsi prosesi resepsi pernikahan di luar negeri, di mana siapa saja yang sukses menangkap buket tersebut konon akan menjadi orang berikutnya yang menyusul jejak kedua mempelai pengantin.

Tentu saja, benar atau tidaknya hal ini tidak bisa selalu dipastikan.

Meski begitu, tak ada salahnya jika Anda ingin menambahkan sesi ini ke dalam susunan acara pernikahan Anda hanya sebagai bagian dari hiburan.

7. Penutup

Acara Penutup ( Susunan Acara Pernikahan )
Sumber : pinterest.com

Setelah semua acara berlangsung, maka pembawa acara akan melakukan penutupan. Pada sesi penutup ini, pembawa acara tak lupa akan mengucapkan terima kasih kepada para tamu yang sudah hadir, dan mengucapkan rasa syukur atas kelancaran acara resepsi.

Yang barangkali perlu Anda perhatikan adalah bahwa banyak tamu yang tidak langsung pulang meskipun acara sudah ditutup.

Ada beberapa yang masih ingin foto-foto di lokasi resepsi, misalnya di area photo booth.

Kemudian, untuk resepsi yang berlangsung di rumah, biasanya ada beberapa tamu yang masih ingin mengobrol dengan keluarga atau bertemu langsung dengan kedua mempelai pengantin.

Karena itu, Anda barangkali perlu mengantisipasi hal ini.

Sekali lagi, perhatikan bahwa susunan acara pernikahan yang sudah dijabarkan di atas merupakan sebuah referensi atau gambaran umum.

Pastinya, Anda bebas memodifikasi susunannya sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing, termasuk jika Anda sekadar ingin menggelar syukuran sederhana sekalipun.

Nah, itulah panduan lengkap susunan acara pernikahan sejak dari akad atau pemberkatan sampai resepsi.

Semoga bermanfaat untuk Anda dan semoga persiapan acara pernikahan Anda lancar sampai hari H, ya!

Devi Vernanda Content writer di pengantinbaru.net. Tertarik dengan hal-hal seputar pernikahan dan parenting. Loves sleeping, eating, and writing....

Hantaran Pernikahan

Devi Vernanda
8 min read

Undangan Pernikahan

Devi Vernanda
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *